AKU HANYALAH SEORANG ANAK KECIL YANG SEDANG BELAJAR MEMEHAMI ARTI SEBUAH KEHIDUPAN DAN BELAJAR MENERIMA SEMUA YANG TERLIHAT OLEH MATA

Minggu, 13 Mei 2012

Macam-macam tanaman yang dapat mengusir nyamuk

Beberapa jenis tumbuhan atau tanaman tertentu bisa dimanfaatkan untuk membantu mengusir nyamuk yang dapat menimbulkan berbagai penyakit (a.l demam berdarah, malaria atau filaria).



Beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk ini dapat ditanam di tanah, dalam pot, di luar atau yang dapat tumbuh di dalam ruangan, selain itu juga bisa berfungsi sebagai tanaman hias atau tanaman pelindung.

(1). Geranium / Tapak Dara

Tanaman bernama latin Pelargonium citrosa ini umumnya ditanam di luar rumah dan mengandung zat citronella yang mampu mengusir nyamuk. Cara mengusir nyamuk yaitu dengan menggoyang-goyangkan helaian daun atau tertiup angin yang akan menghasilkan aroma khas. Tanaman geranium sekurang-kurangnya memiliki tiga varian, yakni citrosa mosquito fightercirosa queen of lemon, dan citrosa lady diana.

(2). Lavender

Bunga lavender dengan tampilan berwarna keunguan yang menarik ini mengeluarkan aroma wangi yang dapat menghindari gigitan nyamuk. Tubuh akan relatif terlindung dari gigitan nyamuk dengan cara menggosok-gosokkan bunga ini ke kulit dikarenakan aroma yang wangi, sehingga sering juga dipakai sebagai aromaterapi.

(3). Serai wangi

Tanaman serai (Androspogos nardus) tak hanya andal di dapur sebagai bumbu masak, batang dan daunnya ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Perlu diketahui, tanaman serai wangi mengandung zat-zat, seperti geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama adalah sitronelal. Sitronelal ini memiliki sifat racun kontak yang dapat menyebabkan kematian nyamuk dikarenakan kehilangan cairan secara terus-menerus.

(4). Zodia

Tanaman zodia (evodia suaveolens) dikenal berasal dari Papua dimana masyarakat di sini terbiasa sebelum masuk ke hutan menggosok kulitnya dengan dedaunan zodia agar terlindung dari serangan serangga khususnya nyamuk.
Zodia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), minyak yang disuling dari daun zodia mengandung linalool yang dapat membantu mengusir nyamuk. Biasa ditanam dalam pot atau ditanam dalam ruangan (indoor plant), namun tidak ada masalah jika tanaman dan ditumbuhkan di halaman rumah.

(5). Rosemary

Tanaman bunga ini (Rosmarinus officinalis) mampu mengeluarkan aroma khas yang dibenci nyamuk, tumbuh baik di bawah sinar matahari dan cukup air, cocok ditanam di atas tanah atau pot yang dekat jendela atau pintu. .

(6). Kecombrang

Tumbuhan dengan nama latin Brugmansia candidia dan sebutan lokal kantan, kincung (Medan), siantan (Malaysia), kaalaa (Thailand) atau honje ini merupakan sejenis tumbuhan rempah yang bunga, buah, serta bijinya kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Bunga ini dikenal dapat mengusir nyamuk.

(7). Akar wangi


Tumbuhan ini dikenal dapat mengendalikan populasi nyamuk demam berdarah dengan bau aroma khas menyengat. Jika obat pengusir nyamuk bisa digunakan di dalam ruangan, tanaman ini bisa menjadi "tameng" tanpa terganggu nyamuk saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar